Reklamasi PulauA-G

Dampak Reklamasi Teluk Jakarta Terhadap Ekosistem Pulau Seribu

Dampak reklamasi Teluk Jakarta terhadap ekosistem Pulau Seribu yang paling parah adalah rusaknya habitat alam di sekitar tempat ini. Proyek dengan nilai fantastis ini selain merusak alam juga merugikan masyarakat akibat rusaknya terumbu karang dan hutan mangrove yang menjadi tempat tinggal bagi ikan-ikan.

Walaupun pada dasarnya proyek reklamasi bertujuan untuk mengatasi banjir Jakarta yang tak kunjung terkendali, akan tetapi pembangunan bendungan raksasa sepanjang 60 km beserta 18 pulau buatan justru menyumbang dampak besar terhadap kerusakan ekosistem.

Untuk lebih jelasnya berikut ini kami paparkan dampak reklamasi teluk Jakarta secara singkat dan jelas.

Dampak Reklamasi Teluk Jakarta

Rusaknya Tatanan Air

Dampak reklamasi teluk Jakarta yang pertama adalah rusaknya tatanan air akibat pertambahan panjang aliran sungai sebesar 1.5 km dan pertambahan ketinggian muara baru akibat reklamasi menjadi 0 meter. Beberapa upaya juga harus dilakukan seperti perbaikan saluran drainase, pengerukan sungai dan peninggian badan jalan yang tentu saja memakan biaya besar.

Selain itu kelangkaan air tawar akan terjadi ketika lahan reklamasi berhasil dibuat yang otomatis menambah jumlah penghuni sebesar 750 ribu jiwa ditambah dengan tenaga pekerja yang datang.

Dampak Reklamasi jakarta bisa mengganggu bisnis pariwisata di Pulau seribu, karna Terumbu karang akan banyak yang rusak

Mengubah Arus Laut

Menurut Mutiara Rachmat Putri dari ITB, dampak reklamasi teluk Jakarta akan membuat arus laut berubah. Arus yang awalnya mengalir sesuai dengan garis pantai akan berubah haluan membentuk kolam-kolam air baru. Tentu saja akibat perubahan arus akan menimbulkan dampak baru yaitu sampah-sampah yang terbawa arus akan tersangkut di kanal reklamasi.

Baca Juga Paket wisata pulau tidung

Reklamasi juga akan membuat aliran laut menjadi lebih lambat sehingga terjadi sedimentasi. Lama-kelamaan air laut dan air sungai akan menjadi keruh akibat tercemar oleh material yang terbawa karena aliran tidak lancar. Kualitas air sumur milik warga yang tinggal disekitar pesisir akan mengalami penuruanan karena tercemar air laut atau berubah menjadi asin.

Menyebabkan Banjir yang Lebih Besar

Reklamasi teluk Jakarta akan menyebabkan banjir yang lebih besar dari sebelumnya terutama di sekitar daerah reklamasi. Hal ini terjadi karena naiknya air laut. Ketika banjir rob terjadi, pohon-pohon yang tidak bisa beradaptasi dengan air laut akan mati.

Ekosistem Laut Terganggu

Sedimentasi yang tinggi membuat proses fotosintesa makhluk-makhluk di sekitar proyek reklamasi menjadi terganggu. Seperti contoh yang sudah terbukti adalah penumpukan pasir-pasir di sekitar pulau G membuat proses fotosintesa plankton dan makhluk hidup di sekitar pulau G terganggu.

Dampak reklamasi teluk Jakarta terhadap ekosistem laut akan semakin parah jika proyek reklamasi ke semua pulau yang direncakan benar-benar terealisasi. Mangrove, padang lamun, terumbu karang, ikan dan keanekaragaman hayati akan rusak karena air sudah tercemar.

Lingkungan yang rusak di sekitar pulau reklamasi akan mendorong biota laut baik itu flora maupun fauna mecari habitat baru yang lebih ideal sehingga bisa dipastikan ikan, kerang, mangrove, kepiting, burung dan beragam keanekaragaman hayati di sekitar pulau reklamasi punah.

Hilangnya biota laut bisa memberikan dampak sangat besar terhadap keseimbangan alam, terlebih jika terjadi dalam skala besar. Tentu bukan hanya nelayan saja yang mengalami kerugian karena tidak bisa lagi menangkap ikan akan tetapi keseimbangan lingkungan juga menjadi terganggu.

Dampak relamasi Pantai Utara jawa menurut Kompas

Hilangnya Pulau Kecil di Sekitar Pulau Pari

Zaenal Muttaqin selaku Deputi (Walhi) menentang proyek reklamasi yang dilakukan Pemprov DKI karena proyek ini telah terbukti membuat 4 pulau kecil di sekitar Pulau Pari tenggelam. Menurutnya proyek reklamasi ini sangat mengancam pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu dan juga masyarat Pulau Seribu yang jumlahnya sekiar 26 ribu jiwa.

Mengancam Dunia Pariwisata Pulau Seribu

Dampak reklamasi teluk Jakarta  terhadap dunia pariwisata Pulau seribu tidak bisa dianggap remeh. Seperti kita ketahui, Pulau Seribu memiliki daya tarik yang luar biasa di dunia pariwisata karena lokasinya berdekatan dengan kota terpadat di Indonesia yakni Kota Jakarta. Bahkan pemerintah telah menjadikan Pulau Seribu sebagai destinasi wisata prioritas di Indonesia.

baca Juga Jenis Jenis Penginapan Di Dunia Tour and Travel

Keberadaan Pulau Seribu sebagai destinasi wisata favorit sedikit banyak mulai teracam sejak dimulainya proyek reklamasi. Pembangunan pulau-pulau di sekitaran proyek reklamasi posisinya tak jauh dari Kepulauan Seribu. Tentu saja pulau-pulau baru ini akan dibangun sangat mewah dan modern yang berbanding terbalik dengan Pulau Seribu yang kondisinya masih sangat alami karena dijaga oleh masyarakat sekitar.