Cara Mengatasi Mabuk Laut Paling Mujarab

Liburan merupakan hal yang sangat menyenangkan karena bisa membuat otak dan badan kembali fresh setelah setiap hari disibukkan dengan rutinitas harian seperti sekolah, kuliah ataupun bekerja. Namun, tak sedikit wisatawan yang risau dengan kondisi tubuh yang sering mabuk laut ketika bepergian menggunakan kapal.

Mabuk laut sendiri terjadi karena cairan di dalam telinga yang berfungsi untuk menyeimbangkan tubuh ikut bergoncang ketika kapal terkena obak maupun angin. Hal inilah yang membuat tubuh tidak seimbang dan akhirnya mabuk laut.

Jika Anda termasuk orang yang sering mabuk laut, yuk simak bagaimana cara mengatasi mabuk laut di bawah ini supaya perjalanan tetap terasa menyenangkan.

Baca Juga orang Eropa tau nya Thousand Island Loh dibanding pulau Seribu!

Mengkonsumsi Obat Anti Mual

Cara mengatasi mabuk laut yang pertama adalah dengan mengkonsumsi obat anti mual seperti bonine, dramamine ataupun antihistamin yang bisa dengan mudah didapat di warung terdekat, minimarket ataupun apotek. Namun kelemahan penggunaan obat seperti ini adalah bisa menyebabkan kantuk sehingga tak cocok buat Anda yang ingin menikmati suasana di perjalanan.

Pilih Tempat Duduk yang Minim Goncangan

Jika Memungkinkan, anda dapat memilih tiket dengan konfigurasi tempat duduk di tengah, eits kalau di Kapal tradisional ke Pulau Seribu, anda bebas memilih duduk di mana aja. Hehehe. Selain itu pilihlah tempat duduk yang dekat dengan jendela supaya pandangan mata bisa lebih lepas.

Hindari Membaca dan Bermain Gadget

Fokus pada satu benda saja bisa membuat perut terasa mual dan kepala menjadi pusing. Sama halnya dengan membaca buku ataupun bermain gadget. Maka, jika Anda termasuk orang yang sering mabuk laut maka jangan membaca buku ketika sedang naik kapal dan minimalisir penggunaan gadget.

Bermain gadget di kapal bisa Buat Mual

Mengkonsumsi Minuman Berkarbonasi

Minuman bersoda mengandung gula dan asam fosfat yang cukup tinggi sehingga mengkonsumsi minuman bersoda bisa membuat Anda terhindar dari mabuk laut. Namun jika Anda berencana untuk melakukan penyelaman sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman bersoda karena bisa membuat perut terasa tidak nyaman hingga muntah di dalam air.

Makan dan Minum Secukupnya

Cara mengatasi mabuk laut yang berikutnya adalah mengisi perut dengan makanan dan minuman dalam jumlah cukup karena membiarkan perut dalam kondisi kosong bisa memicu timbulnya gejala mabuk laut / Seasickness.

Makanan yang cocok untuk menghindari mabuk laut adalah makanan dengan kandungan karbohidrat, protein dan rendah lemak. Pastikan juga tubuh terhindrasi dan hindari konsumsi kafein, alkohol, makanan pedas dan makanan berlemak.

Baca Juga jenis jenis Homestay

Tenangkan Pikiran

Orang yang mudah cemas dan takut mengalami gejala mabuk laut akan lebhih rentan mendapatkan gejala mabuk laut. Padahal dengan menenangkan pikiran akan membuat Anda terhindar dari mabuk laut.

Sebisa mungkin buat pikiran rileks supaya tidak cemas dengan cara mendengarkan musik, memejamkan mata memikirkan sesuatu yang menyenangkan, menghirup udara segar melalui jendela dan nyemil makanan ringan.

baca Juga Sekilas Pulau Tidung

Itulah beberapa cara mengatasi mabuk laut yang bisa Anda praktekkan supaya perjalanan tetap terasa menyengkan tanpa adanya gangguan seperti pusing, mual atau bahkan muntah di atas kapal. Jangan lupa janga kesehatan sebelum melakukan perjalanan supaya tubuh tetap fit dan sediakan juga obat  anti mabuk untuk antisipasi.